Showing all 7 results

Hoist

Di dunia industri tentu Anda akan menemukan dan memakai berbagai macam crane dengan tujuan mempermudah pekerjaan. Pasalnya ada beberapa jenis crane sesuai dengan fungsi dan bentuknya, dan salah satunya ialah hoist crane. Alat ini berguna untuk membantu memindahkan barang atau alat dari satu tempat ke tempat lainnya. Maka dari itu, pemakaian hoist crane itu sendiri tentu lebih efisien dan mudah. Alat ini juga sering disebut sebagai kerekan atau katrol.

Apa Itu Hoist?

Hoist memiliki arti katrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa hoist merupakan alat bantu dengan kegunaan untuk memindahkan atau mengangkat barang. Selain itu, penggunaan katrol pada crane sendiri termasuk sejenis crane dengan pengaplikasian di dalam ataupun di luar ruangan. Crane jenis ini bisa dipakai untuk mengangkat beban atau barang dalam posisi horizontal atau tegak lurus.

Fungsi Hoist

Harga hoist di pasaran sendiri cukup bervariasi, tergantung dari jenis yang dipilih. Hoist adalah alat angkut dalam berbagai dunia industri, diantaranya baik berguna bagi industri perumahan, tambang, perkebunan maupun industri lainnya. Meskipun harga hoist berbeda di pasaran, sebenarnya fungsinya kurang lebih sama. Adapun yang membedakan adalah kapasitas kerjanya saja. Fungsi kerekan sendiri biasanya diaplikasikan untuk pengangkatan beban memakai wire rope atau rantai baja.

Ada 2 jenis hoist yang sering digunakan, diantaranya kerekan dengan tenaga elektrik atau manual. Pada kerekan manual biasanya diaplikasikan dalam industri berskala kecil. Kerekan jenis ini biasanya memanfaatkan tenaga manusia. Adapun alat yang dipakai memakai kerekan yang akan ditarik untuk bisa mengangkat barang ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan.

Sementara itu, jumlah alat yang diangkutnya juga tak akan sanggup melebihi kekuatan dari tenaga manusia. Adapun berat beban yang besar bisa saja memerlukan proses pemindahan hingga berkali-kali. Jadi kurang efisien.

Sementara itu, pada industri berskala besar biasanya memakai hoist elektrik. Kamu hanya perlu menekan tombol untuk proses pemindahan barang berbobot berat. Kamu dapat memindahkan berat beban hingga berton-ton cukup dengan sekali angkut saja. Jadi, hoist elektrik ini lebih cepat dan efisien. Karena itu, wajar jika harga hoist elektrik dibanderol lebih mahal daripada harga hoist manual.

Keunggulan Hoist

Salah satu keunggulan penggunaan hoist crane ialah dapat meningkatkan efisiensi dan wakt kerja, sebab semua pekerjaan pengangkutan alat-alat berat menjadi lebih lancar. Dengan begitu, melalui alat harga hoist yang bervariasi, alat ini membuat operasional indutri Anda lebih lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Hoist

Produk kerekan menawarkan banyak kelebihan jika dibandingkan material handling jenis lainnya. Inilah alasan kenapa banyak perusahaan berskala besar lebih memilih alat ini dengan harga hoist yang bervariasi. Adapun kelebihan material handling yang satu ini adalah sebagai berikut :

  1.     Dapat Meningkatkan Efisiensi Kerja

Dengan menggunakan hoist, tentu saja dapat meningkatkan efisiensi sekaligus waktu kerja. Membuat aktivitas pengangkutan barang dalam industri Anda lebih lancar. Alat ini sangat efektif karena memungkinkan proses operasional industri menjadi sangat lancar.

  1.     Tak Memerlukan Biaya Pemeliharaan yang Mahal

Membeli harga hoist crane mungkin mahal, tapi hal bisa dijadikan sebagai investasi menarik bagi industri Anda. Walaupun harga hoist mahal, tapi Anda tidak perlu melakukan perawatan yang rumit dan biaya perbaikannya pun tidak mahal.

  1.     Kapasitas Bervariasi

Alat kerekan ini mempunyai kapasitas angkut sangat besar, dengan beban dari kapasitas 250 kg hingga kapasitas 50 ton.

  1.     Dilengkapi Oleh Overload Protector

Overload protector sendiri adalah sistem yang dapat menghentikan fungsi kerekan jika alat yang diangkat kapasitasnya melebihi kapasitas angkut. Hal tersebut tentu saja membuat kerekan aman dipakai dan bisa meminimalisir resiko kecelakaan kerja terjadi ketika proses pemindahan barang.

  1.     Meningkatkan Produktivitas

Dengan menggunakan hoist, tentu saja dapat meningkatkan produktivitas perusahaan sekaligus bisa meminimalisir biaya operasional. Alat ini juga dapat memperbaiki kondisi kerja perusahaan.

Itulah beberapa keunggulan penggunaan hoist yang memicu pangsa pasar material handling ini kian meningkat sebab kerekan banyak diperlukan di banyak perusahaan yang ada di Indonesia. Hanya saja, kekurangan hoist crane itu sendiri adalah harga hoist yang cukup mahal. Namun hal ini tentu sebanding dengan fungsi kerja yang dihasilkannya.

Pengaplikasian Hoist di Industri

Mengingat manfaat dan kelebihannya yang sangat banyak, hoist banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang industri, diantaranya sebagai berikut :

  1.     Bagi Industri Konstruksi

Kerekan dalam industri berguna sebagai alat bantu pekerjaan sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Klasifikasinya sangat spesifik, biasanya diperlukan untuk aplikasi pengangkatan dan pemindahan barang-barang berat. Kerekan juga diperlukan untuk operasi lifting dengan penggunaan yang tetap menyesuaikan kapasitas serta berat beban yang akan diangkat.

  1. Bagi Industri Aeronautika

Hoist crane merupakan alat pindah/angkut yang penting bagi penggunaan alat-alat berat dan kehidupan industri. Selain dipakai untuk konstruksi maupun pabrik, alat ini juga bisa diaplikasikan di industri aeronautika.

Industri aeronautika sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang ilmu penerbangan. Dimana produk yang didapatkan seperti komponen pesawat dan merangkainya untuk menyempurnakan pesawat. Hanya saja, tak semua tipe atau jenis kerekan dapat diaplikasikan di industri aeronautika. Selain itu, ada 3 jenis instalasi hoist crane dalam industri aeronautika, diantaranya pada parts manufacturing, plane assembly, dan plane maintenance.

  1.     Bidang Kelautan

Kerekan juga berguna dalam industri kelautan, biasanya sangat ideal membantu meluncurkan perahu atau mengangkut agar perahu keluar. Mesin juga bisa mengangkat sekaligus memindahkan kapal. 

Chain Block

CHAIN BLOCK TOYO

Sangat sering Anda melihat penggunaan chain block atau katrol pada pabrik maupun industri berat tertentu karena fungsinya yang begitu penting. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

Penggunaan katrol listrik atau Electric Chain Hoist sangat penting di berbagai macam bidang industri untuk mengangkat beban yang berat dan besar. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

Pengaplikasian katrol listrik atau Electric Chain Hoist KD Series sudah tidak diragukan lagi untuk menunjang kerja dilapangan. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

Hoist terdapat beberapa jenis yang berbeda karena ada yang menggunakan rantai namun ada pula Electric Wire Rope Hoist dengan tali kawat seling. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

Ada perbedaan antara katrol listrik biasa dengan Electric Chain Hoist Inverter karena memiliki sistem pengatur hemat daya untuk penggunaan listrik. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

Selain chain block, penggunaan lever block pun sangat penting karena dianggap sebagai salah satu alat bantu lifting terbaik yang dikenal dengan nama kotrek rantai. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  

The new mini hoist for Super Helper. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.