Showing all 1 result

Hoist terdapat beberapa jenis yang berbeda karena ada yang menggunakan rantai namun ada pula Electric Wire Rope Hoist dengan tali kawat seling. Scroll ke bawah untuk mendapatkan deskripsi dan detail spesifikasi secara lengkap pada halaman produk yang dibutuhkan.  


Wire Rope Hoist

Penggunaan wire rope hoist di industri kini sudah semakin meningkat. Wire rope hoist merupakan sejenis alat pengangkat kecil. Ini memiliki keunggulan struktur yang kompak, volume kecil, ringan, dan pengoperasian yang mudah.  

Pengertian Wire Rope Hoist

Electric wire rope hoist memakai kawat seling atau wire rope sebagai alat pengangkatnya. Sebelum Anda membelinya di toko jual hoist, Anda harus tahu dulu tentang alat yang satu ini. Biasanya wire rope tersebut akan digulungkan ke dalam drum penggulung ketika mengangkat beban kemudian diulurkan dari bagian drum penggulung saat dipakai untuk aktivitas menurunkan beban. Wire rope hoist biasanya terdiri atas wire rope dan sheave dan tersedia dalam berbagai ukuran dan harga jual hoist. Harga jual hoist bervariasi tergantung merk dan jenisnya. Anda bisa membeli alat ini secara online. Biasanya wire rope hoist terbuat dari stainless steel dan dibuat dengan kokoh dari kawat logam yang dipilin. Untaian tersebut kemudian dipelintir satu sama lain membentuk pola helis. Wire rope ini kokoh, kuat dan andal.  

Fungsi Wire Rope Hoist

Wire rope hoist adalah sejenis alat bantu angkat yang sering kita lihat selain penggunaan chain hoist. Alat ini termasuk alat pengangkut dengan ukuran lebih besar, biasanya dipakai untuk mengangkat beban berukuran besar dan berat. Hal tersebut disebabkan oleh alat ini memang mempunyai WLL yang tinggi. Alat ini memaaki tali kawat seling ke dalam media pengangkutnya dan bukan memakai rantai, jadi dianggap mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan chain, dan harga jual hoist ini juga cukup mahal. Pada electric wire rope hoist sendiri memanfaatkan catu daya atau sumber daya listrik untuk dijadikan alat penggeraknya dan bukan memakai tenaga manual. Oleh sebab itulah, tak semua orang dapat memakai alat yang satu ini, karena hanya operator ahli saja yang bisa mengoperasikan wire rope hoist. Saat ini banyak industri yang memakai wire rope hoist, mengingat lebih praktis dan dapat mempercepat semua pekerjaan. Apapun jenis wire rope yang Anda pakai, alat ini tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menurunkan atau mengangkat barang. Beberapa bagian yang terdapat pada electrik wire rope hoist yang ada di toko jual hoist, ialah sebagai berikut :
  1. Motor Pengangkat
Merupakan bagian motor mesin untuk mengoptimalisasi getaran pada mesin yang rendah. Dalam pengangkatan beban, motor yang dipakai ialah motor dengan rotor silinder dan memakai sistem proteksi, karenanya bisa melindungi mesin terhadap panas berlebihan.
  1. Kipas Pendingin Pada Motor
Adalah fitur berbentuk kipas, yang akan berputar saat mesin hoist dinyalakan, serta letaknya terpisah dari motornya. Inilah alat yang memberikan efisiensi tinggi berbentuk efek pendingin pada bagian motor saat mencapai limit.
  1. Gearbox
Merupakan komponen gearbox dengan daya tahan tinggi dan dapat menyesuaikan dengan benda atau beban yang diangkat. Sehingga dapat menawarkan tingkat presisi tinggi.
  1. Brake System
Adalah rem elektromagnetik untuk bisa menghentikan atau mengerem katrolnya secara otomatis apabila terjadi kegagalan di sumbernya.
  1. Tali Kawat Seling
Pada wire rope hoist, tali seling ini dibuat dari material baja yang bersifat fleksibel serta tahan aus. Pemakaian maupun pembuatan tali harus sudah sesuai standar CNS, CNAA, ISO dan JIS.  

Keunggulan Wire Rope Hoist

Menggunakan wire rope hoist yang dibeli dari toko jual hoist sendiri menawarkan banyak kelebihan. Inilah yang kerap membuat alat ini sebagai solusi bagi industri yang berkaitan dengan operasi lifting. Manfaat terbesar tali kawat yang paling terlihat ialah tali terbuat dari banyak untaian dan kabel. Ini artinya, tekanan, berat dan tegangan beban akan tersebar pada beberapa bagian logam. Hal ini tentu lebih meringankan beban tali itu sendiri, daripada hanya bergantung pada satu kawat atau untai saja. Apabila ada satu untaian atau kawat yang putus, maka tugas lifting masih bisa diselesaikan. Berbeda halnya dengan chain hoist, apabila ada satu saja rantai atau chain yang putus, maka kerja keseluruhan chain hoist menjadi tidak berguna. Apalagi jika hal tersebut terjadi saat pengoperasian, maka bisa menimbulkan kerusakan pada beban.  

Kelebihan dan Kekurangan Wire Rope Hoist

Ada beberapa kelebihan menggunakan wire rope hoist diantaranya sebagai berikut :
  • Sangat nyaman untuk mengangkat beban yang berat.
  • Lebih aman dalam mengangkat material atau beban.
  • Dapat meminimalisir kecelakaan di tempat kerja.
  • Lebih menghemat waktu dan dapat menyelesaikan pekerjaan dalam jangka waktu tertentu.
  • Memakai wire rope hoist tentu saja dapat memastikan keamanan atau kerusakan fisik material.
  • Mudah tersedia di pasar. Anda bisa menemukan tempat jual hoist ini di pasaran atau secara online.
  • Bisa digunakan untuk membawa berbagai macam jenis beban.
  • Menawarkan harga jual hoist bervariasi, sesuai kualitas, kuantitas dan merek yang dipilih.
Tali kawat memiliki penggunaan yang signifikan dalam industri yang berhubungan dengan lifting, karena dibuat memakai untaian dan kabel yang menjamin penyebaran tekanan, berat ke seluruh untaian. Kekurangan wire rope hoist sendiri ialah tidak efektif apabila memakai trolley manual, membutuhkan sumber daya listrik, melalui sistem lebih kompleks harganya lebih mahal, dan ukurannya relatif lebih besar.  

Pengaplikasian Wire Rope Hoist di Industri

Wire rope hoist sendiri banyak diaplikasikan di berbagai industri di Indonesia, sebut saja industri konstruksi dan crane, shipping dan logistic, minyak dan gas, transportasi dan distribusi, warehouse, workshop dan manufaktur.